Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Spesial Nikmat

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Spesial Nikmat – Nasi Kuning Tumpeng merupakan nasi yang dibuat dengan tambahan bahan-bahan dan rempah-rempah yang dibentuk menyerupai kerucut. Warna kuningnya berasal dari pewarna alami, yaitu kunyit. Sedangkan rasanya yang gurih nikmat berasal dari tambahan bahan-bahan lain seperti santan, serai, daun salam, daun jeruk, jeruk nipis, serta garam. Proses pembuatan hidangan ini sedikit berbeda dengan nasi putih yang biasa. Sebelum dikukus, beras direbus terlebih dahulu dengan tambahan santan dan rempah-rempah. Proses perebusan tersebut dimaksudkan agar bumbu-bumbu tersebut terserap dengan baik oleh beras hingga menghasilkan nasi yang gurih dan nikmat.

nov-02-cara-membuat-nasi-kuning-tumpeng-untuk-acara-istimewa-anda

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

Di Indonesia, Nasi Kuning Tumpeng kerap disajikan sebagai hidangan istimewa seperti acara sunatan, syukuran, bahkan ulang tahun. Biasanya, nasi tumpeng dihidangkan di atas wadah bundar yang memiliki permukaan rata. Kemudian, di sekelilingnya, diberi tambahan lauk-pauk pelengkap seperti ayam bekakak, perkedel, telur dadar yang diiris-iris, orek tempe, abon, sambal goreng kentang, atau lauk apapun sesuai selera penikmatnya.

Jika ingin menghadirkan Nasi Kuning Tumpeng untuk acara istimewa Anda beserta keluarga, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti panduan resep yang kami hadirkan di bawah ini.

Untuk membuat Nasi Kuning Tumpeng ini, diperlukan bahan-bahan seperti:

Advertisement
  • Santan sebanyak 750 ml
  • Beras putih biasa sebanyak 1 liter
  • Beras ketan sebanyak 100 gram
  • Kunyit dengan panjang 1 ruas jari orang dewasa
  • Daun salam sejumlah 2 lembar
  • Daun jeruk sejumlah 3 lembar
  • Serai sejumlah 1 batang
  • Air matang sebanyak 100 ml
  • Garam halus secukupnya
  • Air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan

Proses pembuatan Nasi Kuning Tumpeng ini lebih rumit dan lebih membutuhkan banyak waktu daripada nasi putih biasa, oleh sebab itu diperlukan kesabaran untuk mengikuti proses pembuatannya di bawah ini:

  1. Rendam beras ketan selama 10-12 jam. Anda dapat merendamnya dari malam hari sebelumnya agar pada pagi harinya beras ketan dapat langsung diproses dengan bahan-bahan lain.
  2. Setelah direndam semalaman, tiriskan beras ketan. Kemudian, cuci beras putih biasa dengan menggunakan air mengalir.
  3. Buat air kunyit dari campuran kunyit yang telah diparut dengan air sebanyak 100 ml. Air campuran kunyit tersebut kemudian disaring dan yang digunakan adalahnya air saringan kunyit tersebut.
  4. Masukkan santan ke dalam panci beserta air kunyit, daun salam, serai yang telah dimemarkan, air perasan jeruk nipis, garam halus, dan daun jeruk yang telah diremas-remah hingga tercium aromanya. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata.
  5. Sembari terus diaduk, tambahkan beras putih dan beras ketan.
  6. Jika santan telah berkurang jumlahnya, segera matikan api dan angkat beras dari panci.
  7. Selanjutnya, beras dikukus hingga matang kurang lebih 35 menit.
  8. Setelah matang, nasi kuning dimasukkan ke dalam suatu wadah agar asapnya berkurang.
  9. Sementara itu, siapkan cetakan kerucut yang telah dibasahi dengan menggunakan air hangat. Lalu tuang nasi ke dalamnya sembari ditekan-tekan agar padat.
  10. Jika dirasa telah padat, cetakan kerucut yang berisi nasi kuning tersebut dapat diletakkan di wadah saji. Kemudian, cetakan kerucut tersebut diambil pelan-pelan dan Nasi Kuning Tumpeng pun siap disajikan dengan tambahan lauk-pauk sesuai selera Anda.

Meskipun prosesnya panjang dan terbayang rumit, namun jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan sabar dan telaten, Anda pasti dapat membuat Nasi Kuning Tumpeng dengan hasil yang memuaskan.

TAG

resep nasi kuning tumpeng,nasi kuning tumpeng,tumpeng nasi kuning,Cara Membuat nasi Tumpeng,cara membuat nasi kuning tumpeng,nasi tumpeng istimewa,cara membuat nasi tumpeng kuning,resep nasi tumpeng spesial,cara membuat nasi kuning tumpeng ulang tahun,nasi tumpeng spesial

Artikel Terkait

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Spesial Nikmat | Rizki Nur Amalia | 4.5