Cara Membuat Roti Boy Sederhana Ala Rumahan

Cara Membuat Roti Boy Sederhana Ala Rumahan – Roti Boy merupakan roti yang diberi topping dengan aroma dan rasa kopi. Nama “Roti Boy” ini merupakan merk dari salah satu toko asal Malaysia yang menyajikan Roti Kopi sebagai menu tunggalnya. Karena merk tersebut sangat terkenal di Indonesia, masyarakat lebih mengenalnya sebagai Roti Boy daripada Roti Kopi. Meskipun lebih dikenal sebagai produk Malaysia, sebenarnya Roti Boy merupakan hidangan ringan yang berasal dari Mexico.

Di Indonesia, Roti Boy hanya dijual di kedai roti yang terdapat di dalam pusat perbelanjaan modern. Harganya pun cukup mahal jika dibandingkan dengan roti biasa. Meskipun demikian, banyak orang yang rela merogoh koceknya demi menikmati roti dengan aroma kopi yang nikmat ini. Salah satu orang tersebut, mungkin Anda. Jika Anda sangat menyukai roti ini, agar lebih hemat, Anda dapat menikmati roti ini dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya tak jauh berbeda dengan proses pembuatan roti pada umumnya. Perbedaannya hanyalah adonannya diisi dengan mentega beku dan sebelum dipanggang, adonan rotinya diberi topping adonan kopi. Untuk resep lengkapnya, silakan simak Resep Roti Boy enak Ala Rumahan di bawah ini.

nov-33-cara-membuat-roti-boy-alias-roti-kopi

 

Untuk membuat Roti Boy atau Roti Kopi ini, Anda memerlukan bahan-bahan di bawah ini:

  • Tepung terigu berprotein tinggi sebanyak 400 gram
  • Tepung terigu berprotein sedang sebanyak 200 gram
  • Susu bubuk sebanyak 2 sendok makan atau sekitar 30 gram
  • Ragi instan sebanyak 8 gram
  • Gula pasir sebanyak 110 gram
  • Kuning telur sejumlah 2 butir
  • Air sebanyak 260 ml
  • Garam sebanyak 3 gram
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Margarin atau mentega beku untuk isian roti secukupnya

Untuk membuat adonan topping-nya, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

Advertisement
  • Margarin sebanyak 180 gram
  • Telur utuh sejumlah 1 butir
  • Putih telur sejumlah 2 butir
  • Tepung terigu berprotein sedang sebanyak 180 gram
  • Susu bubuk sebanyak 10 gram
  • Gula bubuk sebanyak 180 gram
  • Kopi instan sebanyak 1 bungkus atau sekitar 30 gram

Cara Membuat Roti Boy

  1. Ambil wadah, lalu masukkan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, susu bubuk , ragi instan, dan gula pasir. Sisakan sedikit tepung terigu kurang lebih 50 gram untuk taburan nantinya. Sedangkan bahan-bahan lain diaduk hingga rata.
  2. Masukkan kuning telur, lalu tambahkan air sedikit semi sedikit sembari diuleni hingga kalis. Anda dapat menguleninya menggunakan mixer dengan pengocok yang bergelombang atau dapat juga diuleni secara manual dengan menggunakan tangan.
  3. Setelah kalis, tambahkan garam dan margarin, lalu lanjut uleni hingga adonan menjadi kalis elastis. Jika adonan masih terasa lengket, Anda dapat menambahkan tepung terigu yang telah disisakan sebelumnya.
  4. Jika telah kalis elastis, adonan difermentasikan selama 30-60 menit.
  5. Sembari menunggu adonan difermentasi, buat topping kopinya dengan cara mencampur margarin, telur utuh, putih telur, tepung terigu, susu bubuk, gula bubuk, dan kopi instan hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan ke dalam piping bag atau plastik segitiga.
  6. Setelah difermentasikan, adonan akan mengembang 2 kali lipat. Bagi adonan dengan ukuran sesuai selera, lalu bulat-bulatkan. Isi adonan yang telah dibulat-bulatkan, dengan margarin atau mentega beku yang telah dipotong kotak-kotak sebelumnya. Letakkan adonan yang telah berisi margarin atau mentega, ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis-tipis. Lalu, fermentasikan kembali adonan hingga mengembang lagi 2 kali lipat.
  7. Jika adonan telah kembali mengembang, beri adonan topping di permukaan roti hingga ¾ bagian adonan roti tertutup adonan topping.
  8. Panggang adonan dengan oven bersuhu 180 derajat celcius yang telah dipanaskan sebelumnya hingga matang kurang lebih 15-17 menit.
  9. Setelah matang, segera angkat Roti Boy dan biarkan terlebih dahulu kurang lebih 2 menit agar bagian toppingnya kaku sempurna dan terasa crispy saat digigit.

Bagi sebagian orang, membuat roti adalah hal yang sulit. Namun, jika proses pembuatan Roti Boy di atas dipraktekkan secara teliti dan seksama, bukanlah hal yang mustahil jika Anda dapat membuat Roti Boy yang nikmat dan sedap. Untuk isiannya, dapat disesuaikan dengan selera pribadi Anda. Tak hanya margarin atau mentega, Anda dapat mengisi adonan Roti Boy ini dengan keju parut, chocolate chips, meises, ataupun vla.

TAG

cara membuat roti boy mini,cara membuat roti boy rumahan,cara membuat roti boy sendiri,resep roti boy sederhana,cara bikin roti boy manual,cara membuat roti boy dirumah,resep roti boy

Artikel Terkait

Cara Membuat Roti Boy Sederhana Ala Rumahan | Rizki Nur Amalia | 4.5