Cara Membuat Kue Serabi Tepung Kuah Kinca Gula Jawa Enak

Cara Membuat Kue Serabi Tepung Kuah Kinca Gula Jawa Enak – Salah satu kue tradisional khas Indonesia yang sudah ada dari zaman dahulu dan masih dicari hingga kini adalah Kue Serabi. Kue yang berasal dari Pulau Jawa ini memiliki cita rasa gurih yang berasal dari santan. Dua jenis Serabi yang paling dikenal di Indonesia adalah Serabi Solo dan Serabi Bandung. Keduanya sama nikmatnya, namun berbeda penyajiannya. Serabi Solo dapat disajikan begitu saja tanpa kuah, sedangkan Serabi Bandung biasanya dinikmati dengan tambahan Kuah Kinca yang terbuat dari gula Jawa dan santan.

Pada kesempatan ini, kami hadirkan resep Kue Serabi yang berasal dari Kota Kembang dengan tambahan Kuah Kinca Gula Jawa. Dalam resep Serabi ini kami gunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Cara pembuatan serta bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini telah kami rangkum di bawah ini.

nov-18-resep-kue-serabi-tepung-beras-dengan-kuah-kinca-gula-jawa

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat adonan Kue Serabi:

Advertisement
  • Tepung beras sebanyak 220 gram
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
  • Kelapa yang telah diparut sebanyak 150 gram
  • Santan kelapa sebanyak ½ liter
  • Air daun suji sebanyak 50 ml

Untuk membuat kuahnya, Anda memerlukan bahan-bahan di bawah ini:

  • Santan sebanyak 100 ml
  • Gula Jawa yang telah disisir sebanyak 120 gram
  • Gula pasir sebanyak 10 gram
  • Daun pandan yang telah disimpul sejumlah 1 lembar
  • Garam sejumput

Jika semua bahan telah terkumpul, saatnya membuat Kue Serabi beserta kuahnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ambil sebuah wadah berupa baskom atau mangkuk berukuran sedang, lalu masukkan tepung beras, garam dan kelapa parut ke dalamnya. Lalu aduk rata bahan-bahan tersebut.
  2. Masak santan hingga mendidih dengan menggunakan api kecil sembari diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  3. Jika telah mendidih, segera angkat santan dan tuang ke dalam wadah yang berisi campuran tepung beras, garam, dan kelapa parut tadi sembari diaduk pelan-pelan hingga rata dan tidak ada gumpalan.
  4. Masukkan air daun suji, dan aduk kembali hingga rata.
  5. Panaskan cetakan Kue Serabi yang terbuat dari tanah liat. Lalu tuang adonan kue kurang lebih sebanyak 1 sendok sayur. Kemudian adonan ditutup dan tunggu hingga matang. Setelah matang, segera angkat dan ulangi hal tersebut hingga semua adonan habis.
  6. Jika Kue Serabi telah matang semua, saatnya membuat Kuah Kinca Gula Jawa dari campuran santan, gula Jawa, gula pasir, daun pandan yang telah disimpul, dan garam. Masak dan aduk-aduk semua bahan tersebut hingga santan mendidih dan gula larut.
  7. Sajikan Kue Serabi Tepung Beras dengan diberi siraman Kuah Kinca Gula Jawa selagi hangat.

Jika sulit untuk menemukan daun air suji, Anda dapat menggantinya dengan pasta pandan atau pewarna makanan hijau. Namun jika Anda lebih menyukai warna Kue Serabi yang putih dan alami, Anda boleh tidak menggunakan bahan pewarna tersebut. Selamat mencoba resep ini di rumah.

TAG

yhs-joydream_002,cara membuatdadar gulung,resep kue sedap,resep kue rol pisang,Aneka resep kue serabi,cara membuat kinca gula,resep serabi kuah tepung beras,Resep serabi solo kinca,Resep serabi solo kuah kinca

Artikel Terkait

Cara Membuat Kue Serabi Tepung Kuah Kinca Gula Jawa Enak | Rizki Nur Amalia | 4.5